AddThis

Share |

Panduan Remote PC via Internet dgn Team Viewer

Team Viewer adalah salah satu aplikasi Remote PC via internet yang paling simple. Pada pengunaan sehari-hari untuk support Customer maupun Support rekan-rekan, penulis sering mengunakan Team Viewer untuk me-remote PC atau Laptop baik di dalam kota, luar kota, luar daerah atau rekan rekan bahkan di luar negeri. Karena remote ini via internet maka kelancaran proses remote ini juga sangat bergantung pada SPEED akses internet kita. Setidaknya dari analisa penulis mengunakan akses internet dengan bandwith 128 Kbps ( Upload & Download balance ), sudah dapat digunakan untuk remote Team Viewer dengan lancar. Apalagi saat ini high speed akses internet juga sudah cukup murah..
Team Viewer dapat digunakan secara insidentil maupun kita install secara permanen pada PC kita, bahkan dapat di setting AUTORUN begitu PC sudah ready use dan kita bisa langsung me-remote PC tersebut via internet. Mengenai Licensing TeamViewer adalah FREE License untuk pengunaan personal. Dari pengalaman penulis, Installasi TeamViewer pada Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, tidak ada batasan Trial Day atas pengunaan Team Viewer ini. Tapi jika kita Install pada OS Windows Server ( 2000 / 2003 / 2008 ), maka jika sudah lewat 30 hari maka masa Trial-nya akan habis…

Berikut ini adalah Step by Step Installasi TeamViewer pada PC yang akan kita remote alias PC Target :

Pertama : Download installer-nya lalu klik TeamViewer-Setup .. Pilih Install lalu klik Next…
Download Aplikasinya Disini


Kedua : Pilih pengunaan Personal / non-commercial use lalu klik Next…
Ketiga : Aktifkan pilihan Accept License Agreement dan Agree Non Commercial use lalu klik Next…


Keempat : Kita pilih Option Start Automatically with Windows lalu tentukan password akses TeamViewer ke PC ini lalu klik Next. Installasi ini memang kita tujukan agar PC ini anytime dapat kita remote dari mana aja via internet. Misalnya PC ini memiliki akses untuk Remote Desktop ke TERMINAL SERVER atau punya akses untuk Remote Seluruh PC dalam jaringan LAN kita mengunakan NetSupport Manager. Jadi PC dengan TeamViewer ini akan kita gunakan untuk mengakses seluruh jaringan LAN atau infrastruktur kita dari lokasi dimana saja kita berada.


Kelima : Tentukan / setting Access Control ini dengan Full Access agar saat kita lakukan remote tidak perlu ada action lagi pada PC ini namun bisa langsung Full Access.

Keenam : Klik Next dan proses installasi aplikasi akan berjalan hingga FINISH.


Ketujuh : Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, catat Nomor ID dan password-nya karena catatan inilah yang akan kita gunakan untuk proses Remote PC ini dari tempat lain. Password dapat kita atur lebih lanjut agar lebih aman dengan masuk ke menu Extras -> Option.


Konfigurasi Team Viewer pad PC yang me-Remote PC lain :

Sampai disini proses konfigurasi di PC Client telah selesai, selanjutnya kita melakukan konfigurasi pada PC lain yang akan me-remote PC tadi via Internet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pertama : Jalankan Aplikasi Team Viewer, lalu kita pilih Option atau Mode RUN saja.


Kedua : Accept License Agreement lalu klik Next.


Ketiga : Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini dan TeamViewer sudah ready user / siap pakai, baik untuk me-remote maupun untuk di remote. Selanjutnya masukkan Nomor ID TeamViewer yang telah kita dapatkan untuk melakukan Remote PC tersebut lalu klik Connect To Partner.
Keempat : Masukkan Password authentikasi akses TeamViewer dari PC yang akan kita remote, lalu kita klik Log On.

Kelima : Selanjutnya……….. Taaarrrrrraaaaa……. jadi dech kue masakan kita…. eh muncul dech Desktop PC yang kita remote.
Setelah PC kita dapat me-remote dan berkomunikasi dengan PC yang akan kita support maka selanjutnya kita juga bisa melakukan aktifitas Remote atau mengunakan PC tersebut layaknya dia ada didepan kita, dapat melakukan Chatting dengan pengunanya, dapat melakukan Transfer file dari PC kita ke PC Target, sharing video di PC kita, melakukan Install aplikasi pada PC tersebut maupun melakukan Remote ke Terminal Server dengan Remote Desktop ataupun NetSupport Manager termasuk juga remote ke Winbox Mikrotik Local serta ke peripheral LAN yang lain.

Tambahan Materi Artikel :

Bahwa Team Viewer juga dapat digunakan untuk Remote Client dalam jaringan LAN. Menurut pengamatan saya jika di komparasi dengan NetSupport Manager sich tidak terlalu jauh berbeda dalam teknik Remote Client. Memang lebih komplit fitur NetSupport tapi setidaknya untuk Real Time Remote Akses juga cukup bagus dan yang penting Team Viewer ini Free License. Karena jika NetSupport tanpa License digunakan pada Corporate tentunya hal ini dapat menjadi hal yang sensitif. Tapi dengan adanya Team Viewer ini kita tidak perlu khawatir untuk urusan Support bagi Client di Corporate kita.

Agar dapat digunakan untuk remote Client pada jaringan Lokal, kita harus setting lebih dulu konfigurasi Team Viewer kita “Accept Incoming LAN Connections” seperti gambar dibawah ini :
Selanjutnya kita juga perlu setting agar TeamViewer ini Automatic StartUp dan juga setting Password yang telah kita tentukan. Dan pastikan agar user tidak mengutak-atik password-nya, karena Team Viewer ini kita fungsikan untuk Support Client. Jadi pastikan Always ready, jika tidak bisa di akses tentunya ada yang merubah password dan resiko user sendiri tidak bisa mendapat support sebagaimana mestinya. Dan user juga perlu tahu bahwa setiap akses ke PC Client ini akan tampak aktifitas yang dilakukan, baik remote akses, transfer files, diskonek remote, dll. Jadi apa yang dilakukan oleh Administrator ini transparan, so… gunakanlah sebagaimana mestinya…

Selanjutnya jika kita akan melakukan remote ke PC Client maka kita tinggal memasukkan IP Address PC Client tersebut… lalu klik Connect to partner.

Okey… Selamat mencoba dan tetap semangat utk belajar....



0 komentar:

 
Copyleft Aplikasi Komputer © 2008 - 2011 | Thxs To uniQue             Powered by   Login to Blogger     Dedicated To ICT Centre Indramayu