AddThis

Share |

Cara Instal Windows Xp lewat Flashdisk

Alhamdulillah akhirnya bisa poting kembali, maaf blog ini agak vakum,biasa kebanyakan aktivitas ini dan itu, sibuk kerjaan ini itu, ok kita langsung aja, sebelumnya saya sempet posting mengenai instal windows Xp via USB flashdisk, tp hanya secara ringkas untuk menjelaskan, kali ini saya menjelaskan secara terperinci dikarenakan ada temen dari kampus bagaimana seh instal windows XP pake USB, karna setiap saya instal ulang selalu pake USB,mungkin meraka bertanya tanya, bagaimana cara menginstal wiindows xp via USB flashdisk,?
karena saya orang baik :D dan beribadah, saya akan memberikan dAn menjelaskannya.karna menyebarkan ilmu itu hukumnya wajib, " SAMPAIKANLAH WALAU SATU AYAT", OK, kita langsung saja :D


Berikut Aplikasi yang dibutuhkan untuk mengisntal Windows Via USB dan cara menginstalnya..
PETtoUSBDownload


USBPRep8Download


Jika rekan-rekan sudah mendownload aplikasi diatas, langkah selanjutanya adalah :
1. Ekstrak kedua file sesuai keinginan Anda dengan menggunakan WinZip atau WinRar (Lebih baik buat Folder baru), sebaiknya File PeToUSB_3.0.0.7.zip dijadikan satu folder bersama File usb_prep8.zip atau sebaliknya.

2. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.

3. Masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.

4. Selanjutnya, buka folder di mana Anda mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi.Copy aplikasi PETtoUSB ke Folder USBPRep8




Hasil Pindahan dari folder PETtoUSB ke Folder USBPRep8



5. Klik 2 kali  bernama “usb_prep8.bat yang terdapat dalam folder USBPRep8  ”

kemudian jalankan  File aplikasi USBPRep8, sehingga muncul comand prompt:

setelah itu tekan Enter atau sembarang tombol pada keyboard

6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash disk Anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda.

7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.


8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.

9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.

10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Selesai! Kini flash disk Anda telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS Anda, dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.

0 komentar:

 
Copyleft Aplikasi Komputer © 2008 - 2011 | Thxs To uniQue             Powered by   Login to Blogger     Dedicated To ICT Centre Indramayu